Tailwind CSS



Apa itu Tailwind ?

Basicly, Tailwind itu merupakan sebuah framework CSS. Tapi, ada tapinya. Tailwind berbeda dengan framework CSS lainnya, yang komplit banget nyediain built-in component buat keperluan design interface. 

Buat yang udah terbiasa dengan built-in component mungkin akan kagok pakai Tailwind. Tapi, dengan lo pakai Tailwind, tampilan website lo gak akan didikte. Makusdnya gini, kalau gua pakai Bootstrap, jelas banget pasti design-designya ketara banget pake Bootstrap, tapi kalau lo pake Tailwind, gak akan ketara ajah gituh. 

Buat lo yang prefer pakai framework yang udah ada built-in component, Tailwind gak cocok banget. Tapi buat elu yang butuh custom banget dan nunjukin tampilan yang framework tapi gak ke-framework-an, gua saranin pake Tailwind.

Buat Contoh , Di bawah bakal gua kasih case untuk bikin button di Tailwind sama Bootstrap.

 

Utility First

 

Tailwind

 

Bootstrap

 

Bisa diliat, goks banget pake Tailwind untuk kelasnya LoL. Tapi dari sini lo akan mengenal yang namanya Utility-First CSS Framework, jadi lo akan dihadapkan dengan perintilan utility atau bahasa gua adalah component tingkat bawah untuk ngebuilt interface yang lo inginkan. Dan enaknya lo gak akan kedikte dengan tampilan bawaan, karena Tailwind gives you custom UI.

 

Component Friendly

Kalau pada kode sebelumnya lo harus ngetik seluruh kelasnya, kali ini lo bisa set style lo sendiri dengan kelas yang lo buat tapi masih dengan hasil yang sama.

 

 

As simple as that. Jadi lo sendiri bisa buat kelas buatan lo sendiri dengan memanfaatkan Utility yang udah ada di Tailwind.

 

Responsive

 

 

Bahkan untuk sampai setting responsivenya pun dikasih custom sedetail mungkin. I think this is great untuk bikin grid versi sendiri.

 

Conclusion

Secara besar kesimpulan gua buat Tailwind ini, framework yang bagus buat yang pengen custom design sepenuhnya tanpa harus kedikte dengan settingan bawaan framework. Dan, obviously ini gak cocok sih buat yang terbiasa dengan built-in component, tapi ini bagus untuk a pro, a geek yang butuh custom design tanpa perlu repot harus bikin dari scratch model CSS nya sendiri.

 

Bonus

 

Pfft ! iseng buat kek google gituh, cuman logonya Telinga Digital. LoL, buat mainan asik juga ini framework.